Senin, 16 Mei 2011

SALAM PRAMUKA
Dalam Gerakan Pramuka kita mengenal tiga macam salam Pramuka yaitu :
1. Salam Biasa
2. Salam Hormat
3. Salam Janji
1. SALAM BIASA 
Dipergunakan apabila seorang Pramuka berjumpa dengan Pramuka lain, untuk pertama kali atau yang terakhir pada hari itu. Siapa yang melihat dahulu yang harus memberi salam terlebih dahulu tanpa da aba - aba tidak pandang pangkat, tua atau muda.
Dengan Salam Pramuka ini, dimaksud :
  •  Sebagai tanda saling menghargai, menghormati dan menyayangi serta menganggap sebagai saudara atau keluarga sendiri  diantara sesama Pramuka
  • Untuk saling mendoakan keselamatan bagi yang memberi maupun yang menerima salam tersebut
  • Dengan menggunakan salam lima jari, berarti untuk saling memperingatkan  kepada disiplin kita. Bahwa sebagai Pramuka kita berkewajiban untuk menjalankan Pancasila sesuai dengan yang tercantum para Tri Satya Pramuka.
Salam Pramuka biasa dapat diberikan sambil berjalan, sedang duduk, naik kendaraan. Jadi tidak harus berdiri tegak.  Cara memberikan salam adalah dengan tangan kanan kearah pelipis kanan, ujung jarei telunjuk menyentuh pelipis.Lengan kanan atas membuat siku p - .Siku kita  siku pada ketiak. Siku kita tegak kedepan sedikit. Jika tangan kanan membawa tongkat, maka tongkat diangkat lurus keatas kira - kira sepuluh centimeter. Tangan kiri letakkan merata kedepan dada dengan telapak tangan menghadap kebawa. dan ujung jari telunjuk menempel pada tongkat, jika tangan kanan sedang membawa atau memegang sesuatu kita boleh hanya menganggukkan kepala, atau mengucapkan salam, atau melambaikan tangan.
2. SALAM HORMAT
Digunakan apabila seorang Pramuka :
  • Bertemu dengan orang yang wajib dihormat, misalnya bertemu dengan : Presiden, Wakil Presiden, Menteri, Gubernur, Walikota, Bupati, Camat, dll Pejabat atau tokoh masyarakat lainnya. wajib diberi salam hormat biasa . Kakak pembinba sukup diberi samlam biasa, Tetapi dalam suatu apacara Wajib diberi salam hormat.
  • Melihat bendera merah putih sedang dikibarkan atau diturunkan . Kalau kebetulan sedang sibuk mengerjakan sesuatu mendengarkan merah putih dikibarkan atau diturunkan maka harus anda berhenti dikesibukannyasebentar. Segera berdiri tegak ditempat dan memberi salam hormat.
  • Dalam suatu upacara 





Tidak ada komentar:

Andi Aksa